Wednesday, May 25, 2016

Bacalah Doa Ini,,, Doa Yang Paling Dicintai ALLAH SWT Dan Rasul-Nya

HarianMuslim.Net Setiap hari kita selalu memanjatkan doa. Berdoa ketika waktu-waktu ijabah-Nya. Meminta apa-apa yang menjadi harapan kita. Meminta kebahagiaan, ketenangan, dilimpahkan rezeki yang halal, kesehatan serta selamat dunia dan akhirat. Kita meminta kebaikan yang banyak pada Allah dalam doa-doa kita.
Siapa yang tidak ingin mendapatkan kebaikan, kenikmatan, kehidupan yang menyenangkan dan dijauhkan dari siksa api neraka? Pastinya setiap dari kita memiliki doa-doa yang rutin dibaca dan yang paling kita sukai untuk dipanjatkan Pada Allah.
Nah… ternyata, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam pun mempunyai doa yang paling Beliau sukai dan sering dilantunkan. Berikut ini penjelasan lengkapnya.

Anas bin Mâlik Radhiyallahu anhu, menceritakan upaya untuk bisa meraih kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat, sangat menjadi perhatian serius dalam doa Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam . Doa ini pun menjadi doa yang sering beliau Shallallahu alaihi wa sallam lantunkan.
عَنْ أَنَسٍ قَالَ كَانَ أَكْثَرُ دُعَاءِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ اللَّهُمَّ رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الْآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ
Dari Anas Radhiyallahu anhu, ia berkata: “Doa Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam yang paling sering diucapkan ialah: “Ya Allah, Ya Rabb kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat, dan peliharalah kami dari siksa neraka”. ( HR. Al-Bukhâri no. 6389 dan Muslim no. 2690)
Dalam riwayat Muslim, doa tersebut berbunyi:
رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الْآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ
Kebaikan dunia maksudnya adalah semua hal yang dibutuhkan manusia di dunia, sehingga dengannya ia akan menjadi baik. Misalnya, kesehatan, rezeki yang halal, tempat tinggal yang nyaman, istri shalihah, anak-anak yang shalih dan shalihah, ketenangan dan lain-lain.
Menurut Ibnu Katsir, kebaikan akhirat yaitu: “kebaikan di akhirat yang tertinggi ialah berhadil masuk surga dan menikmati kondisi-kondisi yang menyertainya, seperti perasaan aman dari ketakutan yang paling dahsyat di ‘arashat, dimudahkan proses hisab (perhitungan amalan), dan lain-lain yang merupakan kejadian-kejadian yang menyenangkan di akhirat kelak.”
Imam Muslim rahimahullah (Shahih Muslim no. 2688) terlah meriwayatkan, pernah terjadi peristiwa, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam mengunjungi seseorang yang sedang sakit. Kondisi orang yang sakit ini sudah sangat mengenaskan. Beliau pun menanyakan asal-muasal kejadian: “Apakah engkau berdoa atau meminta sesuatu kepada Allah (sebelumnya)?”
Lelaki itu menjawab: “Ya. Sebelumnya aku berkata, ‘Ya Allah, hukuman yang akan engkau timpakan kepadaku di akhirat, segerakanlah atas diriku di dunia ini,” maka Beliau Shallallahu ‘alaihi wasallam berkata: “Subhanallah, engkau tidak akan sanggup memikulnya. Mengapa engkau tidak berdoa:
اللَّهُمَّ رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الْآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ
Begitu juga, kejadian menarik pernah dialami Anas bin Mâlik. Sahabat mulia ini diminta untuk mendoakan orang-orang yang mendatanginya. Lantas beliau berdoa:
اللَّهُمَّ اغْفِرْ لَنَا وَاْحَمْنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الْآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ
(Ya Allah, ampunilah kami, kasihilah kami rahmat. berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat dan peliharalah kami dari siksa neraka)
Mereka meminta doa yang lain. Maka Anas Radhiyallahu anhu memanjatkan doa yang sama, kemudian berkata:“Seandainya kalian telah dianugerahi ini, sungguh kalian telah dianugerahi kebaikan dunia dan akhirat.”(Shahîh al-Adabil-Mufrad, 494)
Doa adalah perantara kita dengan Allah. Sehingga, mari kita meneladani Rasulullah Shallahu ‘alaihi wasallam dalam segala hal. Karena, Beliau adalah suri teladan yang baik. Meminta kebaikan dan doa-doa terbaik Pada Allah. Semoga Allah memberikan kita kebahagiaan serta keselamatan dunia dan akhirat. Aamiin.
Semoga bermanfaat.
Referensi: dari berbagai sumber

No comments:

Post a Comment